September 22, 2012

Mengenal Agoraphobia

Apakah yang dimaksud dengan Agoraphobia?  



  Secara harafiah,agoraphobia berarti takut keramaian/kerumunan.(seperti kucing,Dsb) Tetapi istilah ini umumnya dipakai untuk menggambarkan rasa sangat ketakutan meninggalkan keamanan rumah. 

Ini bisa merupakan manifestasi kecemasan yang sangat besar atau depresi.Hal ini bisa timbul pada orang yang merasa sehat alam tetapi tidak demikian keadaanya setelah mereka berada di luar rumah.

Orang-orang seperti ini biasanya cukup senang dengan berdiam diri dirumah...hanya mau bepergian apabila ada yang menemani.Agoraphobia adalah masalah yang sangat menekan jiwa; si penderita kehilangan kebebasan,kepercayaan diri, keyakinan diri dan juga secara fisik menderita karena kekurangan cahaya,udara bersih,olahraga,dan sinar matahari.

(Contoh  beberapa penderita agoraphobia.)

---------------------------

 apakah yang membuat pikiran menakutkan itu tertanam dalam pikiran?

Apabila Agoraphobia tidak merupakan bagian dari kondisi orang yang senantiasa cemas, Orang seringkali bisa mengingat saat pertama kali mereka merasakan sesuatu yang janggal. Seorang pria mengatakan ia ingat perasaan yang sama pada saat situasi tertentu..,Ketika sebelumnya ia bermimpi telah di kerubungi dengan beberapa wanita yang menyeramkan menariknya...Dan jika ada beberapa wanita di sekitarnya ia akan teringat kembali mimpi tersebut dan mengalami halusinasi yang mengakibatkan "Serangan Panik".

  Seorang pria lain mengatakan bahwa perasaan itu pertama kali muncul saat ia berusia 12 tahun dalam acara piknik sekolah dihari minggu. Ketika itu ia terpukul oleh pumukul kasti. Perasaan itu muncul kembali di usia dewasa sewaktu ia melihat kecelakaan mobil. serangan panik di luar seringkali muncul pertama kali pada waktu fisik orang tersebut sedang tidak sehat. Umumnya setelah menderita flu.





Bagaimana saya dapat berlatih mengatasi ini di rumah?

 

Saya tidak berpura-pura bahwa hal ini mudah dilakukan tetapi hal ini bisa di lakukan. Langkah-langkahnya antara lain menerima penjelasan tentang otak yang dapat mengeluarkan zat-zat kimiawi yang membantu bila anda berpikir secara benar, melakukan rileksasi, visualisasi dan banyak latihan.

 

Rileksasi dan visualisasi

Visualisasi berarti membuat gambaran mental untuk membawa tubuh anda ke arah yang inginkan; misalnya bila sedang letih, selama rileksasi bila tubuh anda siap untuk memberi respons, anda akan membayangkan diri anda aktif dan bugar, sibuk melakukan olahraga kesukaan anda, bermain bola atau berlari dan sebagainya. Bila anda ingin menenangkan sistem syaraf yang terlalu aktif, anda dapat membayangkan anda berada di danau yang tenang, mengambang di atas awan merah muda atau bahwa anda seorang bayi yang diayun dalam gendongan bayi. Bila anda demam, anda dapat membayangkan sungai pegunungan yang dingin menyapu tubuh anda, atau bila anda merasa sakit,anda bisa membayangkan anda meniupkan cahaya merah muda ke rasa sakit itu dan mengeluarkan'nya lewat telapak kaki.

Janganlah menganggap saran-saran ini hanya mengada-ada visualisasi bisa sangat berpengaruh. Memilih gambaran yang tepat merupakan pilihan yang bersifat pribadi seperti halnya memilih diet yang tepat; anda tahu apa yang anda takuti, anda tahu apa yang dapat membuat diri anda merasa nyaman.

  • Bila anda tidak lapar dan bila anda sedang tidak hendak ke kamar kecil, carilah tempat yang sepi dan hangat, baik berbaring ataupun duduk. Tutupi diri anda dengan selimut atau "Sweater" Tambahan.

  • Bila anda ingin merasa hangat dan rileks, bayangkan diri anda memasuki situasi yang anda takuti ,pejamkan mata dan mulailah berbicara pada diri sendiri. Lanjutkan Bernafas secara perlahan, ulangi apapun pernyataan yang perlu anda katakan selama beberapa kali. Misalnya Dengan ucapan seperti: Aku tenang...ini mudah...kau melakukan dengan baik,dewa!!.../semakin baik setiap hari dalam setiap hal/dan sebagainya. setiap kata yang- -menenangkan, meyakinkan, pujian, yang menurut anda ingin anda dengar,sampai rasa takut yang dulu telah terhapus dan digantikan rasa "PERCAYA DIRI", pikiran yang menenagkan adalah ibarat berlian dalam pikiran. Bila ada banyak situasi yang membuat anda panik, mulailah dengan yang paling ringan dan bergerak menuju ke yang berat.

     

  • berlatihlah setiap hari. "Jangan putus asa setelah dua hari berusaha dan berkata cara ini tak bermanfaat !!!- - -semua ini membutuhkan waktu"

     

     

    Perlukah saya menghubungi dokter?

    menurut saya "Ya". Ia akan dapat menjelaskan apakah anda menderita kecemasan atau depresi atau keduanya dan mungkin anda merasa membutuhkan obat-obatan untuk sementara waktu guna lebih membantu anda untuk kembali ke kegiatan sehari-hari yang normal.
    Bahaya dari pemakaian obat untuk jangka panjang telah dibicarakan.
    Dokter mungkin juga menyarankan anda untuk menghubungi psikolog atau ahli terapi yang dapat memberi dukungan dengan terapi konseling atau terapi desentisasi. Perawatan ini merupakan latihan rileksasi ditambah latihan untuk secara perlahan-lahan menghadapi situasi yang paling anda takuti,seperti memasuki toko atau berpergian dengan bis. Anda akan diminta untuk membuat daftar hal-hal yang paling anda takuti. Mulai dari yang paling ringan, bersama-sama dia,anda akan perlahan-lahan menyusuri daftar tersebut.

    Bila dokter anda tak dapat menolong dan anda sudah mencoba obat-obatan, tak ada ruginya bagi anda untuk mengikuti nasihat-nasihat yang berikut ini :

    "Ingatlah bahwa banyak orang berhasil mengatasi agoraphobia dengan metode membantu diri sendiri."

    Sebelum mencapai kemajuan, anda perlu menerima kenyataan bahwa walaupun anda mungkin tidak ingat peristiwa yang buruk itu, peristiwa itu tersimpan di dalam alam bawah sadar yang membuat anda bereaksi ketakutan bila menghadapi situasi tertentu. Bila anda merupakan sosok yang sangat cemas tentang segala hal termasuk bepergian, anda membutuhkan bantuan ahli, tetapi tidak berarti bahwa metode membantu diri sendiri tidak bermanfaat. Seperti halnya irama atau aroma bisa mengingatkan kembali kenangan yang anda kira sudah terlupakan, ingatan tentang suatu tempat atau melakukan sesuatu, seperti perjalanan di bawah tanah, dapat menimbulkan rasa takut meskipun anda tak ingat pasti kapan rasa takut itu dimulai. 





     

      WAITING 4 UPDATES............^^v



12 comments:

  1. agoraphobia membuatku terus menjadi silnecer
    bagaimana cara mengatasinya

    ReplyDelete
  2. hay saya sangat trrtarik dgn postingan anda....saya ingin berkonsultasi dgn anda mengenai postingan anda dan mengenai kehidupan saya.. bisakah anda memberikan alamat anda kpd saya...atw alamat medsoc anda ..muda"han in bisa membantu.thx..

    ReplyDelete
  3. Tulisan anda sangat membantu ku yg sering mengalami serangan panik.
    watierna934@gmail.com

    ReplyDelete
  4. melihat kawan sediri aja panik , gak berani

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. saya tertarik dngn posting anda,akan sy lakukan mudah2an sembuh krn sdh 2 tahun sy mengalami serangan panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama pak, sy jg mengalaminya selama 2 tahun setelah bolak balik berobat ke RSJ ttp sj tdk bisa sembuh akhirnya dg latihan memberanikan diri pergi keluar secara perlahan2 sy sembuh

      Delete
  7. saya sangat tertarik dengan posting anda, tolong bantu saya bagaimana cara untuk bisa berkomunikasi dengan anda. saya saat ini sering kali diserang panik terutama bila berada ditempat keramaian

    ReplyDelete
  8. thanks ya atas artikelnya sangat membantu .....

    ReplyDelete
  9. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete